5 Hal yang Bisa Anda Coba Lakukan Sebelum Berangkat Ibadah Umrah

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 02 Agustus 2024, 16:42:31

Untuk kaum muslimin, menunaikan umrah adalah cita-cita yang selalu ada dalam pikiran. Mengingat saat ini untuk melakukan haji memerlukan biaya yang tinggi dan waktu menunggu yang tidak sebentar, ibadah umrah menjadi alternatif untuk mereka yang sudah rindu ingin ke Baitullah.

Namun, keinginan saja tidak akan jadi kenyataan apabila Anda tidak memulai menyiapkan diri untuk pergi umrah. Utamanya terkait finansial. Jika tidak ada tujuan yang jelas kapan Anda akan melaksanakan umroh, Anda tidak akan pernah mempersiapkan tabungan khusus untuk ibadah umrah. Lalu, bagaimana cara agar segera berangkat umroh bila impian Anda sudah tidak tertahan? Tenang, kami akan memaparkan kiatnya untuk Anda. Berikut tipsnya!

piggy-bank-968302_1280.jpg

Image by Steve Buissinne from Pixabay 

1) Niat Kuat-kuat

Jika Anda ingin segera melaksanakan ibadah umrah, pasanglah niat yang kuat supaya Anda bisa cepat berangkat ke Baitullah. Banyak orang yang secara keuangan mampu untuk melaksanakan ibadah umrah, namun mereka tidak berniat untuk ibadah, lho!

Entah karena dari sisi spiritualnya kurang mendapat asupan tentang pentingnya ibadah umrah, atau memang mereka memilih untuk mendahulukan hal-hal yang bersifat duniawi misalnya memiliki rumah, mobil, pakaian, aksesoris, menjalankan hobi, travelling dan lain-lain.

Oleh karena itu, Anda termasuk golongan orang yang beruntung saat Anda memiliki niatan untuk beribadah umrah. Bahkan, Anda sedang tidak memiliki uang berlebih untuk umrah, namun karena kekuatan niat, bukan tidak mungkin Anda bisa berangkat ibadah umrah duluan dibandingkan dengan mereka yang punya banyak uang|memiliki kelebihan harta|kaya) tapi tidak memiliki niat umrah. Oleh karena itu, kekuatan niat adalah modal untuk Anda dapat menemukan solusi untuk menggapai cita-cita Anda berangkat umroh dengan cepat. Yakinlah sepenuh hati bahwa Anda LAYAK untuk umrah, atas seizin Allah.

2)  Cari Info Selengkapnya Tentang Umrah

Tips kedua yang dapat Anda tempuh untuk bisa segera berangkat ibadah umroh adalah dengan mempelajari tentang umrah. Mulai dari rukun, apa saja doanya, yang harus disiapkan, manasiknya, dan seluruh hal terkait dengan umrah. Lalu, yang tak kalah pentingnya adalah Anda harus mencari tahu tentang biro travel umrah yang terpercaya untuk memberangkatkan Anda ke tanah suci. Anda bisa mencarinya sendiri via pencarian daring, menimbangnya dengan beberapa travel umrah lain, atau bisa juga meminta pertimbangan keluarga dan relasi yang sudah pernah berangkat umrah.

tablet-1075790_1280.jpg

Image by Niek Verlaan from Pixabay

Anda juga bisa menggali informasi seputar umrah dengan cara bertukar pendapat dengan sahabat, kerabat atau konsultasi dengan para ustad yang Anda percaya. Semakin Anda mencari tahu tentang umrah, maka Anda telah memancarkan getaran yang kuat ke semesta bahwa Anda siap menerima undangan ke Baitullah dari Allah SWT. Ini juga usaha supaya dapat mempercepat sampai ke tujuan lho!

3) Menyiapkan Dana Tabungan Umrah

Untuk Anda yang belum menyiapkan dana khusus untuk langsung berangkat umrah, tenang saja. Anda bisa mulai menyisihkan untuk ongkos umrah mulai saat ini juga. Yang harus Anda lakukan adalah mengurus pembukaan tabungan umrah dan berusaha untuk teratur menabung. Tentukan waktu keberangkatan umrah Anda. Anda harus menentukan target kapan Anda akan berangkat umrah, supaya ada semangat untuk merealisasikan target tersebut.

Misalnya, Anda berkeinginan untuk berangkat ibadah umrah 3 tahun yang akan datang. Biaya umrah dan lain-lainnya sekitar 30-35 juta rupiah. Maka, dengan gaji misalnya 3 juta per bulan, Anda harus menyisihkan sekitar 1 juta setiap bulan untuk bisa berangkat umroh. Dalam waktu 3 tahun (36 bulan) Anda akan punya dana sejumlah 36 juta rupiah. Cukup realistis, bukan? Anda bisa sesuaikan dengan kondisi finansial Anda masing-masing. Jika mau lebih cepat lagi, Anda dapat menggunakan dana talangan untuk ibadah umrah dari bank atau lembaga keuangan lainnya.

4) Minta Restu Orang Tua

Ini merupakan ikhtiar langit yang bisa Anda coba sebagai jalan pintas berangkat umrah. Sudah cukup banyak yang membuktikan cara ini, atas ridho dari kedua orangtua atau mertua, keinginan untuk berangkat ibadah umrah akan lebih cepat terwujud. Ingat kan, kalau ridho Allah juga terletak pada ridho orangtua?

Ungkapkan dengan sungguh-sungguh kalau Anda ingin beribadah umrah, bahagiakan orangtua Anda, buat hati mereka bahagia dan mereka pun akan dengan ikhlas memanjatkan doa untuk Anda supaya bisa melaksanakan umrah.

5) Cerdas Memilih Paket Umrah Hemat yang Berkualitas

Cara melaksanakan umrah hemat saat ini banyak caranya. Ada yang memilih melalui cara umrah backpacker, ada juga yang memilih membeli paket umrah di waktu off peak season agar mendapat potongan harga yang lumayan. Selain itu, booking paket umrah secara rombongan juga dapat dijajal untuk memperoleh diskon dari biro umrah, sehingga ibadah umrah Anda jadi lebih menghemat biaya tanpa mengesampingkan kualitas layanannya.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id