10 Hal yang Wajib Anda Siapkan Bagi yang Baru Pertama Kali Umrah

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 02 Agustus 2024, 16:42:31

Untuk Anda yang baru pertama kali akan melaksanakan ibadah umrah, Anda pasti bingung apa saja hal yang wajib Anda persiapkan sebelum umrah. Mulai dari kelengkapan dokumen, pendaftaran, barang yang harus dibawa, dan lain sebagainya. Hal ini harus diperhatikan, karena jika ada yang tidak lengkap dipersiapkan, maka Anda bisa jadi tidak bisa khusyu’ beribadah umrah di tanah suci.

Nah, sebagai gambaran apa yang wajib Anda persiapkan sebelum berangkat umrah, Anda bisa mengikuti ulasan berikut ini dari awal hingga akhir.

Persiapan Fisik

Hal pertama yang harus diketahui adalah ibadah umrah sama halnya dengan ibadah Haji, yaitu rukun-rukunnya membutuhkan kebugaran fisik yang kuat. Maka dari itu, jamaah yang hendak berangkat umrah setidaknya harus ada persiapan satu bulan sebelumnya agar dapat menyiapkan fisik yang kuat agar ibadah umrahnya lancar.

man-1245658_1280.jpg

Image by Free-Photos from Pixabay

Anda dapat menjaga kesehatan dengan makan makanan yang bernutrisi, serta minum suplemen seperti madu, vitamin, dan lainnya. Anda juga bisa mulai rutin berolahraga, seperti lari pagi, senam, atau olahraga lainnya. Dengan bekal tubuh yang kuat akan mendukung kelancaran Anda dalam melaksanakan ibadah umrah di Baitullah.

Persiapan Rohani

Selain fisik yang prima, Anda juga harus menyiapkan jiwa Anda supaya dapat benar-benar tenang dalam beribadah umrah. Ibadah umrah membutuhkan niat yang tulus ibadah semata karena Allah SWT, serta keikhlasan dari hati. Karena bagi orang yang melaksanakan umroh berarti harus mengesampingkan pekerjaan dan sanak keluarga untuk sementara. Selain hal tersebut, Anda juga harus mengeluarkan sejumlah biaya yang wajib dibayarkan melalui biro travel umrah yang Anda gunakan.

Persiapan Kelengkapan Data

Dokumen yang harus disiapkan sebelum melaksanakan umrah diantaranya KTP|Kartu Identitas Diri|Kartu Tanda Penduduk), paspor, visa, surat vaksinasi, buku tanda nikah, tiket pesawat, bukti tanda terima booking hotel, bukti pembayaran, dan lain-lain.

Persiapan Barang yang Harus Dibawa

Nah, ini adalah persiapan yang wajiib dicermati. Sebaiknya, Anda membawa paling banyak tiga tas dan koper untuk memuat barang bawaan Anda. Satu koper berukuran besar, sebuah tas jinjing, dan sebuah tas berukuran kecil. Masing-masing dapat dipenuhi dengan barang sesuai kebutuhan. Misal untuk baju ditaruh dalam koper, tas jinjing untuk membawa peralatan mandi, obat-obatan dan kelengkapan dokumen, sedangkan tas berukuran kecil untuk membawa kartu identitas, tisu, lotion, dan lainnya.

Mempelajari Tentang Ibadah Umroh

laptop-820274_1280.jpg

Image by fancycrave1 from Pixabay 

Langkah ini terkadang terlupakan, padahal semestinya hal ini adalah langkah yang cukup penting untuk diperhatikan. Sama pentingnya saat kita akan melakukan suatu ibadah, kita harus mengetahui syarat sahnya, apa saja rukunnya, urutannya supaya tertib, aturan-aturannya, dan doa yang harus dibaca. Anda bisa mencari sumbernya yakni dengan membaca buku panduan ibadah umrah, browsing tentang umrah, dan bertukar pikiran dengan orang yang pernah melaksanakan ibadah umrah.

Menentukan Pilihan Jasa Travel Umroh Terpercaya

Sebaiknya, pilihlah biro jasa travel umrah yang terpercaya. Anda bisa mengeceknya dengan cara melihat ulasan jamaah yang telah diberangkatkan, juga membaca profil serta riwayat travel umroh tersebut. Apabila biro travel umrah Anda telah menggunakan software khusus aplikasi umrah sehingga informasi layanan mereka bisa Anda pantau melalui internet, misalnya dengan mengunjungi web, mendapat pemberitahuan email dan SMS untuk progres pendaftaran Anda, dan sebagainya.

Membawa Obat-obatan Pribadi

Apabila Anda mempunyai riwayat terkait kesehatan yang tidak baik, mempunyai alergi tertentu, dan membutuhkan mengkonsumsi obat-obatan khusus, Anda perlu membawa obat-obatan khusus yang harus Anda bawa saat menjalani umrah. Selain itu, obat yang umum seperti P3K dan minyak urut, juga dapat Anda siapkan secukupnya.

Menyiapkan Barang-barang Spesifik Wanita/Pria

Barang-barang spesifik perempuan banyak ragamnya, seperti pakaian khusus wanita untuk umrah, mukena, jilbab, peniti, inner hijab, kaos kaki, dalaman, dan sebagainya.

Untuk laki-laki, karena menggunakan kain ihram tanpa jahitan, Anda bisa membawa kain ganti dan juga baju cadangan ihram yang nyaman. 

Menyiapkan Doa-doa Sebelum Pelaksanaan Ibadah Umrah

Saat umrah, biasanya ada beberapa doa yang ingin Anda panjatkan. Ada pula titipan doa dari saudara dan juga sahabat. Supaya tidak lupa, siapkan catatan khusus doa, supaya Anda ingat dan tidak blank saat memanjatkan doa di tempat-tempat mustajab.

Persiapan Suplemen untuk Menjaga Kekuatan dan Kesehatan Saat Pelaksanaan

Penting sekali menjaga ketahanan fisik saat beribadah umrah. Anda dapat memasukkannya dalam daftar barang bawaan, masukkan di tas kecil sehingga Anda bisa meminumnya sewaktu-waktu.

Nah, itu tadi 10 hal yang harus Anda persiapkan sebelum melaksanakan umrah. Konsultasikan dengan layanan travel umrah Anda serta ustad pembimbing apa yang perlu dan tidak harus disiapkan. Semoga bermanfaat!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id